Senin, 14 Januari 2013

CERITA KEHIDUPANKU :)



CERITA KEHIDUPANKU :)


Saya adalah seorang mahasiswi STIM LPI.Saya dilahirkan dari kedua orang tua saya yang bernama ABDUL SYUKUR dan JUMRANA.Saya di lahirkan di dunia yaitu di kota Makassar,tepatnya tanggal 13 february 1994 di rumah sakit FATIMAH.Saya anak ke 3 dari 4 bersaudara.Nama saudara saya : Ahmad Syukur , Winda Lestari , Ajit tawakkal.
Dulu kehidupan keluargaku sangatlah harmonis,tapi,semuanya berubah ketika orang tuaku bercerai.Orang tuaku kini pisah di karenakan adanya pihak ke tiga di keluargaku. Orang tuaku cerai di waktu saya masih kecil,tepatnya ketika saya berumur 3 tahun.Sedih rasanya ketika saya tahu orang tuaku sudah bercerai :’(. Jadi,wajarlah kalau saya nakal karena kurang mendapat perhatian dari ke 2 orang tua saya. Ibu berpesan kepada  kami “kelak kalian besar,jangan pernah ingat masa lalu,karena masa lalu hanya membuat kalian menjadi ragu.Yang berlalu,biarlah berlalu.Yang pergi,biarlah pergi.Itu sudah takdir dari Allah SWT”.Meskipun orang tuaku bercerai,saya masih mempunyai seorang kakek dan nenek yang sangat menyayangi saya mulai dari saya lahir ke dunia hingga sekarang dan selamanya.
Ketika saya masih SD,saya merasa iri,sedih dan terpukul setiap saya melihat teman yang keluarganya utuh dan harmonis.Apa lagi tiap penerimaan Raport pasti Ayah dan Ibu mereka datang :) Tapi,berbeda dengan saya,yang datang hanya seorang “IBU”.Padahal ketika pengumuman kelulusan saya masuk Ranking 2 umum :').Tapi,sayang Ayah tak datang :(.Saya merindukan Ayah,Ibu,kakak, dan Adik untuk berkumpul lagi seperti dulu,layaknya keluarga yang utuh seperti teman saya yang lain.:’(.Ayah,Ibu saya rindu kalian yang dulu :’(
Sudah lama orang tua saya bercerai,ekonomi keluargakupun menurun.Ibu tidak bisa lagi membiayai sekolahku untuk di lanjutkan ke tingkat SMP dan saudara-saudaraku yang lain,hingga akhirnya kakek dan neneklah yang membiayaiku dan saudaraku yang lain.Pasca orang tuaku bercerai,ibu,saya dan saudaraku yang lain tinggal di rumah kakek yang bertempat di salah satu perumahan DAYA. Kakek adalah seorang purnawirawan POLRI.yah..meskipun dia hanya seorang pensiunan,tapi dia tetap berusaha mencari nafkah dengan cara yang halal,itu semata-mata hanya untuk menafkahi kami semua.
Sekian tahun saya tinggal di rumah kakek,kakekpun memutuskan untuk pindah rumah ke perumahan SUDIANG.entah apa  yang membuat kakek untuk pindah dari rumah yang dulu ke rumah yang baru.
Di dekat perumahan inilah saya masuk sekolah tingkat SMP tepatnya di SMP Negeri 16 Makassar :).Di sekolah inilah,ketika kelas VII saya menemukan banyak teman dan para sahabat.eitzz…Tapi,teman dan sahabat  saya kebanyakan cowok,maklumlah saya orangnya tomboy.hehe..Nama sahabat saya : YUMALDIN,PILIPUS,ZAINUDDIN,DAVID,FATHUR,dan NAWIR.Di tingkat SMP ini kenakalan saya sangat menonjol,tiada hari tanpa masalah yang saya buat dan para sahabat hingga hampir tiap hari kami masuk BP :D.Mulai dari tidak mengerjakan PR,kerjain teman bahkan kerjain guru.hehehe…Sampai-sampai di kami di juluki SevEnDisturb (7 pengganggu):D
Eitzz…jangan salah,nakal-nakal begini kami ber-7 selalu masuk 10 besar dan mendapat pujian dari para guru dan teman-teman :).Maklumlah masa SMPkan masa kenakalan remaja :D seperti kami ini :).Tak terasa kami sudah naik di kelas VIII,tapi,kami kembali sekelas lagi :).Hampir kenakalan yang kami buat tiap hari :D tapi nakal-nakal begini kami semua baik,bahkan pernah berkunjung ke Panti Asuhan :).
Tak terasa,kami sudah naik kelas IX,tapi,kami berpisah kelas bahkan ada yang pindah sekolah karena sebab tertentu :(.Sejak kelas kami terpisah,kami jadi jarang berkumpul seperti biasanya L.Di kelas baruku saya kembali mendapat 4 orang sahabat,namanya : FIKHA,FATHUL,NI’MA dan MITHA :).Di kelas baru ini saya memulai persahabatan dengan mereka :).Tumben yah saya mendapat sahabat cewek?hehehe..Mereka semua baik,perhatian,sama dengan sahabat saya waktu di kelas VII dan VIII :).Saking akrabnya kami,kami di juluki 5 kepompong sama dengan film yang ada di TV,4 orang cewek dan 1 orang cowok :D.Tapi,kalau mau di bandingkan dengan sahabat saya waktu di kelas VII,VIII,IX,saya merasakan perubahan dan perbedaan sejak kelas IX.Kalian mau tau perubahan dan perbedaan yang saya rasa ?Perubahannya saya menjadi pendiam yang dulunya nakal dan cerewet sekarang berubah menjadi pendiam :D.Perbedaannya waktu kelasVII dan VIII saya jarang kerja tugas dan suka ngejahilin orang , semenjak kelas IX saya jadi anak yang rajin dan selalu mendapat pujian dari para guru dan teman-teman :D.Kami bersahabat hingga kami lulus :).Kalian semua tetap menjadi sahabatku :) :*
Lanjut di cerita keluargaku yahh…;)
Sejak kami tinggal di sudiang , kehidupan kamipun sedikit berubah.Berubah karna kami berada di lingkungan yang berbeda.Orang yang di sekitarnyapun ramah tama :).Tapi,pada saat itu keluargaku mendapat musibah besar,ibu kehilangan saudaranya :’( .Tidak lama kemudian,dalam hitungan bulan,saudara ibuku yang lain,kembali lagi di panggil oleh sang khalid :’(.Entah kenapa saudara-saudara ibu satu persatu di panggil oleh sang khalid L .Sekarang hanya ibu dan kakaknya yang masih ada.Saudaranya yang perempuan 3 sudah tak ada :’(.yahh..mungkin sudah kehendak yang di atas,kita hanya bisa ikhlas :’).
Pasca meninggalnya ke 3 saudara ibu,nenek jadi sakit-sakitan dan sering teriak tak jelas :’(.Dan Kakek terkena penyakit GULA :’(.yahh..mungkin karna kehilangan 3 anak perempuan sekaligus dalam waktu yang berdekatan,nenek jadi terpukul dan sakit L.Semenjak sakit-sakitan nenek di bawa ke kota Soppeng untuk tinggal di sana sekalian berobat.Di sana,nenek di rawat oleh ibu dan kakak perempuan saya.Kalau bukan Ibu yang merawat nenek,siapa lagi??kan tinggal Ibu satu-satunya anak perempuan nenek.Sedangkan di Sudiang saya tinggal bersama Kakek,Kakak dan adik saya yang laki-laki.Di sudiang sayalah yang merawat kakek dan ke2 saudara saya.Mulai dari masak hingga bersih-bersih rumah :) sekalian belajar menjadi Ibu Rumah Tangga :D
Seiring berjalannya waktu,di Soppeng Ibu menikah dengan seorang Duda yang mempunyai 3 orang anak yang berprofesi sebagai Pegawai Pengadilan Negeri (rutan) di Soppeng.Saya dan saudaraku yang lain senang mendengar hal itu,sebab kami berfikir kehidupan kami sedikit berubah menjadi lebih baik dari sebelumnya pasca bercerainya Ayah dan Ibu .Tapi sayang,itu tak semudah yang kami bayangkan sebab dulu saya dan saudaraku pernah membuat perjanjian “kalau suatu saat ibu menikah dengan orang lain,kami tidak boleh di nafkahi ataupun di biayai oleh orang itu”.Yahh..itulah yang membuat saya dan saudaraku untuk tidak menerima uang yang di berikan oleh Ayah tiri kami.
Kami berfikir,kami tidak pantas di nafkahi oleh Ayah tiri.Sebab,dia juga mempunyai anak kandung yang harus di nafkahinya.Meskipun sekarang dia sudah menjadi bagian dari keluarga kami,tapi kami tidak boleh seenaknya meminta ini itu,kamikan cuman anak tiri.Menafkahi Ibu dan bertanggung jawab saja pada keluarga itu sudah lebih dari cukup untuk kami :)
Dari hasil pernikahan Ibu,dia melahirkan seorang anak perempuan yang bernama MUTIA FIRNI RAMADHANI.Yahh..nama itu di berikan oleh kakek :).Nama FIRNI itu singkatan dari nama Ibu dan Ayah tiri kami :).Kami semua sangat senang mendapat adik baru.setelah hampir 1 tahun tinggal di soppeng akhirnya Ibu,Kakak dan Nenek pulang ke Makassar,sebab Nenek sering teriak minta pulang dan akhirnya merekapun pulang. Yahh..tak ada yang berubah semenjak Nenek pulang,semuanya seperti biasa.
Hm…...lanjut cerita  masa SMA :)
Setelah lulus SMP,saya melanjutkan sekolah di SMA Negeri 07 Makassar ,tepatnya di sekitar kompleks rumah kakek :).Di kelas X saya menemukan sahabat baru namanya ALIF GARUDA NUSANTARA .Di kelas X semuanya biasa saja tak ada cerita yag menarik.Lanjut di kelas XI saya mengambil jurusan IPS ,padahal sebenarnya nama saya di jurusan IPA.Saya lebih memilih jurusan IPS karena saya memang suka dengan pelajaran IPS dan Alif mengambil jurusan IPA.Di kelas XI,saya menemukan beberapa sahabat baru namanya : JENI,MARTHA,dan IREN :).Keharian kami biasa saja,bedanya cuman kami sering diskusi J.Naik di kelas XII,kami semua yang dulunya sekelas di XI IPS 1,kembali sekelas dalam kelas XII IPS 1 :).Tak ada yang berubah sebab orang-orangnya juga nda berubah :D
Di kelas ini saya menemukan sahabat lagi namanya : DHEDE,ALWI,EDWIN,ANDI PURNAMA,DHEWY,FITRAH J.Padahal waktu kelas XI kami sekelas,cuman kami baru akrab semenjak kelas XII :D.Hari-hari kami penuh dengan kegembiraan,sebab kalau pulang sekolah  kami sering ngumpul bareng sambil bermain di rumah Dhewy :) sampai-sampai orang tua kami pusing kami cari semua :D.Hm…pada saat pengumuman,kami semua gemetar ketakutan,tapi,rasa takut kami hilang ketika mendengar kalau kami semua lulus!Alhamdulillah kami semua lulus dengan nilai yang cukup memuaskan :).Pokoknya di masa SMA adalah masa yang takkan pernah terlupakan seumur hidup :).Kalian semua takkan pernah terlupakan.Love You IPS 1 :*…Miss U You :*.
Hm..lanjut di cerita selanjutnya yahh ? hehe..
Setelah lulus SMA kami semua terpisah-pisah..entah semuanya kemana??:(.Mungkin ada yang kerja,lanjut kuliah atau pulang ke kampung halaman masing-masing :(.Saya ingin melanjutkan perguruan tinggi tepatnya di UNHAS,tapi sayang saya tidak lulus :(.Saya merasa sedih dan putus asa untuk melanjutkan kuliah.:( hm..mungkin ini belum takdir saya untuk kuliah di sana :’).Tapi,tak lama setelah itu,saya di beritahu oleh salah satu teman SMP saya namanya ANDI YUNIA AMELIA SYAM bahwa di Kampus STIM LPI,ada penerimaan Mahasiswa/Mahasiswi Bidik Misi yang biaya kuliahnya di tanggung oleh Pemerintah.Kebetulan kakak dari teman saya itu namanya Bapak A.HJ.HENDRA SYAM(Beliau adalah Dosen Aplikasi Computer di STIM LPI).
Setelah saya fikir-fikir,untuk menghemat pengeluaran kakek yang hanya seorang pensiunan,akhirnya saya berminat untuk masuk di Kampus tersebut.Sayapun di pertemukan oleh Bapak A.HJ.HENDRA SYAM untuk membicarakan syarat apa saja yang harus saya kerjakan.Sayapun di suruh mengumpulkan berkas yang di perlukan sebagai syarat Mahasiswi penerima Bidik Misi :).Setelah berkasnya di terima oleh pihak kampus,akhirnya saya di terima sebagai Mahasiswi di kampus STIM LPI :).Terima kasih buat teman saya Nhoni dan A.HJ.HENDRA SYAM yang berperan penting sehingga membuat saya berada di kampus tersebut :).Di kampus itu,saya menemukan sedikit kebahagiaan yaitu menemukan teman-teman yang baik :)
Lanjut di cerita keluargaku lagi yahh….:)
Sepulang Nenek dari Soppeng,kami semua kembali berkumpul ,meskipun sampai sekarang Nenek dan Kakek masih sakit-sakitan :'(.Tapi,ada yang sedikit berbeda,Ibu mengadopsi seorang anak bayi yang di tinggal mati oleh ibunya.Ibu mengadopsinya sebagai anak sebab,sebelum anak itu lahir,ibunya berpesan kelak anaknya lahir,anaknya di rawat oleh ibuku :).Itu sebuah amanah yang harus di jalankan oleh ibu,jadi tak ada salahnya kalau ibu mengadopsinya sebagai anak :) meskipun hidup kami pas-pasan ,tapi kami tetap berusaha merawat dan membesarkan semampu kami :).Kakek dan Nenekku juga sudah menganggap anak itu sebagai cucu sendiri,begitupun dengan saudaraku mereka menganggap anak itu sebagai saudara kandung :).
Ini foto Kakek :
Ini foto Nenek :

Ini foto Ibu :
Ini foto Kakak :

 

Ini foto Adik :
Ini foto Adik baru : 
 



Itulah foto-foto orang yang sangat berarti dan berperan penting dalam kehidupan saya dan membuat saya bertahan hingga kini dan selamanya :) :*

Do’aku :
Yahh…Allah berikanlah petunjuk dan tuntunlah keluarga kami ke jalanmu..
Jauhkanlah keluarga kami dari segala fitnah dan malabahaya yang dapat merugikan keluarga kami ! Berilah kami rezky yang halal
amin ! o:)
Sekian dulu yahh teman-teman ceritanya..:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar